by

Warga Talaud Komitmen Untuk Kembangkan Produksi Pisang Abaka

TalaudBintangPlus.com- Nama Pisang Abaka mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Tanah Porodisa,sebutan Kabupaten Kepulauan  Talaud.Tanaman  ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Dengan  struktur tanah di Kabupaten Talaud khusunya di Kec. Essang, maka tanaman ini mudah tumbuh. Masyarakat setempat mengenal dengan sebutan pisang  hote atau rote. Senin (28/03/2022).   

Dandim 1312/ Talaud, Letkol ( Inf) Agus Ariyanto mengatakan bahwa dalam pertanian pisang abaka banyak potensi yang di dapatkan dan juga menambah penghasilan ekonomi masyarakat setempat terlebih khusus di wilayah Kec.Essang.

Beranjak dari hal di atas, Kodim 1312/Talaud berkomitmen untuk mempopulerkan lagi  Talaud sebagai penghasil  atau produsen bahan baku terbaik.Hal ini tercermin dari kegiatan yang dilakukan oleh Koramil 1312-05/Essang dalam hal mendampingi masyarakat petani pisang abaka untuk mewujudkan peningkatan ekonomi petani pisang abaka yang ada di wilayah Koramil 1312-05/Essang. Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi aktif Kodim 1312/Talaud dalam upaya menjadikan  Talaud sebagai penghasil atau produsen abaka.

” Disamping itu kegiatan ini dilakukan untuk kembali merangsang  minat dan memotivasi  petani mengelolah pisang Abaka. Kodim 1312/Talaud juga akan berusaha untuk terus mendampingi serta mengatasi kesulitan jika memang itu ada, agar kesulitan para petani Abaka dapat teratasi sehingga abaka kembali menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat Talaud,” katanya.

Dandim 1312/Tld Letkol Inf Agus Ariyanto menambahkan, perlu ada dorongan maksimal dari pemerintah dan stakeholder lainnya untuk mengembangkan tanaman yang dinilai dapat menjadi ikon daerah ini.

Ucapan terima kasih yang di berikan oleh masyarakat kepada Kodim 1312/Tld dalam hal ini TNI dan POLRI yang telah ikut serta memberikan partisipasi dan motivasi di dalam pengembangan pengolahan pisang abaka.(om)

Comment

Leave a Reply