by

Seputar Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah salah satu strategi pemasaran untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Banyak teknik dan praktek yang harus diterapkan dalam kategori pemasaran digital(online). Dengan adanya ketergantungan pemasaran offline membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar. Dengan menggabungkan strategy pemasaran offline dan offline, maka kegiatan promosi lebih maksimal.

Pemasaran digital ini terdapat beberapa faktor didalamnya yaitu faktor psikologis,humanis, antropolgi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.

Langkah-langkah pemasaran digital :

Dalam aktivitas pemasaran digital terdapat istilah AIDA (AwarenessInterestDesire, dan Action), khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).
  1. Awareness (Kesadaran)
    Dalam ranah digital, pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online.
  2. Interest (Ketertarikan)
    Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline, konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem online, konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google, Yahoo,dll) dan jejaring sosial facebook, twitter, dll).
  3. Desire (Keinginan)
    Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
  4. Action (Tindakan)
    Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

Kunci sukses pemasaran digital

  • Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action)
  • Pasar adalah tempat komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial. melalui facebook, twitter, email, google+ dan lainnya.

Demikian artikel tentang strategi pemasaran digital. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang menggeluti dunia bisnis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : dimakstrategy.com

Comment

Leave a Reply

News Feed