by

Perayaan Sederhana Idulfitri di Roma

Roma, Bintangplus.com – Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Roma dilaksanakan secara sederhana. KBRI Roma menggelar kegiatan Sholat Idul Fitri pada 2 Mei 2022, mulai pukul 08.00 pagi waktu setempat. Dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan Sholat Idul Fitri diikuti dengan silaturahmi dan halal bihalal yang dihadiri oleh keluarga besar KBRI Roma dan perwakilan masyarakat Indonesia dalam jumlah terbatas. 

Salat Idul Fitri di KBRI Roma dipimpin oleh Imam, Kolonel Aminuddin Albek, Atase Pertahanan KBRI Roma dilanjutkan dengan Khutbah Idul Fitri oleh Danang Waskito, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Roma.

Dalam khutbahnya, Khatib mengundang seluruh umat untuk memanjatkan syukur kepada Tuhan YME atas usainya momentum ibadah puasa Ramadan yang telah mengizinkan umat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui doa, zakat dan amalan baik. Bulan penuh berkah tersebut pada akhirnya telah mengantarkan umat kepada Hari Kemenangan, Idulfitri.

Danang Waskito juga menekankan pentingnya mengambil hikmah atau ibroh pada kondisi pandemi Covid-19 dalam kaitannya dengan makna bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri, antara lain yaitu pandemi mengingatkan umat untuk selalu memperkuat ketakwaan, kesabaran, ketawakalan dan rasa penuh syukur. Pandemi juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kepedulian sosial yang tinggi dan saling tolong-menolong dengan sesama. Seluruh nilai persaudaraan ini selaras dengan makna ibadah Ramadan dan penguatan hubungan dengan sesama anggota masyarakat.

Dalam situasi dan kondisi pandemi global yang sudah semakin membaik dan kehidupan yang telah beranjak menuju normal, Khatib tidak lupa mengingatkan masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak untuk menjamin kebersihan dan kesehatan diri, keluarga serta lingkungan sekitar.

Seusai salat, keluarga besar KBRI Roma dan wakil masyarakat melakukan silaturahmi terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan dan keamanan. Perayaan Idulfitri yang sederhana di KBRI Roma telah menjaga semangat sila​turahmi tanpa mengurangi hikmat kegiatan beribadah di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Italia.

Comment

Leave a Reply

News Feed