by

Pemerintah Talaud Himbau Warga Untuk Waspadai Gelombang Tinggi

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, Jumat (18/2/2022).

BMKG juga memberikan peta sebaran gambaran potensi gelombang tinggi untuk beberapa perairan di Indonesia,termaksud di kab.Talaud

Dilansir TribunWow.com dari BMKG, berikut rincian peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia:

BMKG memperingatkan, sirkulasi siklonik diperkirakan terdapat di perairan sebelah barat Bengkulu-Lampung, dan di Maluku Utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di pesisir timur Jambi, di Lampung bag barat, dari Jawa Tengah hingga perairan sebelah selatan Jawa Barat, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Tenggara dan dari Laut Maluku hingga Maluku Utara.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Sumatera Utara, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Selatan, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah, di NTT bag timur, dari perairan sebelah utara Maluku Utara hingga Laut Sulawesi bag utara, dari Selat Makassar hingga Laut Maluku, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di perairan sebelah barat dan utara Aceh, di Aceh, di Sumatera Utara, dan di perairan sebelah selatan Jawa Tengah – Bali.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Comment

Leave a Reply

News Feed