by

Memberi Tanpa Rasa Takut Kekurangan “Yayasan Humaniora”

Orang kaya bantu si miskin hal biasa. Tetapi dalam keterbatasan orang masih memikirkan, dan peduli, serta berjuang untuk orang lain, inilah moral alturis salah satu manifestasi takwa.

“Salah satu jiwa muttaqin (bertakwa) itu adalah gemar sedekah. Baik dalam keadaan lapang maupun sempit. Di saat senang maupun susah, ketika kaya maupun miskin,” ujar Pendiri Yayasan Humaniora Eddie Karsito, di acara santunan anak yatim dan pemulung, yang berlangsung di Sanggar Humaniora, Kranggan Permai, Jatisampurna, Kota Bekasi, Jum’at (30/04/2021).

Jangan takut miskin, kata Eddie, karena sedekah. Sedekah justru menjauhkan kita dari kemiskinan dan sifat kikir. “Banyak keajaiban sedekah. Nikmat dan rahmat Allah sering datang diluar dugaan setelah kita bersedekah,” ujar Eddie.

Acara santunan anak yatim dan pemulung ini sekaligus memanjatkan doa syukur dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-26 Yayasan Humaniora (Yayasan Humaniora).

”Misi lembaga ini membantu masyarakat kurang mampu. Saling berbagi buat saudara kita yang fakir, miskin, sakit, cacat, anak yatim dan piatu, terlantar, pemulung, pengamen, orang tua lanjut usia, pedagang keliling, asongan dan saudara kita lainnya yang butuh pertolongan,” terang Eddie.

Melalui Rumah Singgah Bunda Lenny, Yayasan Humaniora telah melakukan berbagai kegiatan social, santunan yatim dan dhua’fa, membantu korban bencana banjir, tanah longsor, serta korban kebakaran.

Yayasan Humaniora saat ini membina 229 pemulung, yang sebagian diantaranya adalah janda-janda lanjut usia. Yayasan Humaniora juga memberi santunan kepada fakir miskin, dan anak yatim, non-panti yang tersebar di dua rumah singgah, Bekasi (Jakarta), dan di Baleendah Bandung.

Hadir di acara santunan ini para artis yang tergabung di Komunitas Amal Sedekah Ikhlas Hati (KASIH), antara lain; Ageng Kiwi, Lia Emilia, Eva Queen, Renny Agustine, Anggie Pratama, Aksay, dan beberapa artis lainnya.

Hadir juga Pendongeng Anak Indonesia, Denny Kadarusman, Ketua Umum Yayasan Esa, Ricky Winarco, yang juga merupakan Founder PT. Tirjaya Inovasi Tekindo, serta para volunteer; relawan, penggiat sosial dan relasi dari Sanggar Humaniora dan Rumah Singgah Bunda Lenny Humaniora Foundation.

Teruslah Menolong
Melalui berbagai kegiatan sosial, Yayasan Humaniora, kata Ageng Kiwi, mengajarkan bagaimana memberi dan menolong tanpa rasa takut kekurangan. “Walau dalam kondisi yang kurang tidak usah khawatir. Teruslah menolong, membantu sesama. Tuhan bekerja di atas kelemahan kita. Allah mencukupkan atas kekurangan kita,” kata Dewan Penyantun dan Donatur Tetap Yayasan Humaniora ini.

Jika kita masih kekurangan, kata Ageng Kiwi, bukan penghalang untuk berbagi kasih dengan orang lain. “Bahkan dengan berbagi kasih dan membantu orang lain, di sanalah sukacita akan meluap dalam hati kita,” ujar Founder AK Production ini./***

Jakarta, 1 Mei 2021

Comment

Leave a Reply

News Feed