James E Grunig “Etika Komunikasi”

Kabar Bintang +2891 Views

Prinsip panduan etika dasar yang harus dimiliki komunikator/komunikan menurut James E Grunig:

  • Mereka harus memiliki kemauan untuk beretika, tidak bermaksud mencelakai orang lain, namun berniat untuk berlaku jujur dan dapat dipercaya.
  • Mereka harus menghindari aksi yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi orang lain.

Etika komunikasi membicarakan bahwa semua komponen komunikasi harus mengandung nilai etika, yaitu komunikator, pesan, media, serta respons komunikasi. Etika komunikator, adalah berbagai aspek etika yang perlu dilakukan oleh komunikator saat melakukan komunikasi, khususnya dalam melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan. Dalam pembahasan ini, dispesifikan bahwa komunikator adalah pihak penjual dan komunikan adalah pihak calon pelanggan. Hal-hal yang berhubungan dengan kredibilitas yang harus dibangun oleh penjual adalah sebagai berikut : a.) Otoritas ; Seorang penjual harus memiliki keahlian dan kekuatan hukum dalam melaksanakan tugasnya. b.) good sense ; Seorang penjual dalam menyampaikan pesannya harus dapat disukai oleh calon pembeli sehingga pembeli menerima apa yang ditawarkan. c.) good character ; Seorang penjual harus berakhlak baik / jujur.d.) good will ; Niat baik. e.) Dinamisme ; Ekspresi fisik penjual dan komitmen psikologis penjual terhadap topik pembicaraan. Etika komunikan, apabila ditinjau dari segi proses komunikasinya, komunikan adalah siapa yang berkesempatan untuk menerima atau mendengarkan pesan. Untuk itu, etika komunikan lebih cenderung pada etika dalam menerima atau mendengarkan suatu pesan yang diterima dari komunikator. Mendengar adalah suatu proses menangkap suara atau bunyi dengan telinga. Untuk menghargai komunikator apabila sedang berbicara,maka seorang komunikan harus beretika sebagai berikut ;
a.Siap untuk mendengarkan

Komunikan saat berkomunikasi harus siap menerima informasi yang disampaikan komunikator.

b.Berpartisipasi

Komunikan harus berpartisipasi atau berperan aktif dalam pembicaraan.

c.Pandai menangkap pembicaraan

Komunikan yang pandai menangkap pembicaraan akan kritis, dengan keadaan demikian komunikator akan merasa dihargai karena ditanggapinya pembicaraan.

d.Mencatat pembicaraan

Komunikan berupaya untuk mencatat hasil pembicaraan baik dalam kertas maupun dalam pikirannya hal-hal yang penting.

Etika pesan , Etika pesan yang disampaikan meliputi etika cara penyampaian pesan dan etika isi pesan yang disampaikan. Suatu pesan atau niat yang baik apabila cara menyampaikannya salah, maka akan mengakibatkan penerimaan yang kurang baik. Cara penyampaian pesan, komunikator dalam menyampaikan pesan terhadap komunikan harus memenuhi hal berikut:

  1. Kontak visual dengan komunikan
  2. Kontak mental
  3. Penggunaan vocal
  4. Berbicara dengan seluruh keperibadian
  5. Kesesuaian dengan bahasa lisan dan bahasa tubuh

Isi pesan yang disampaikan, Isi pesan yang disampaikan komunikator kepada komunikan jika ditinjau dari segi etika, maka pesan tersebut harus :

  1. Factual ; isi suatu pesan atas dasar fakta, bukan mengada-ada.
  2. Akurat ; isi pesan yang disampaikan dapat dibuktikan dengan benar
    sesuai kenyataan.
  3. Nasihat-nasihat baik ; isi pesan yang disampaikan sebagai sesuatu yang baik buat kepuasan pelanggan.
  4. Bernilai guna ; isi pesan merupakan sesuatu yang berguna.

Leave a Reply