by

HUT KE-7 FORWAN : “Rasa Empati Menjadi Faktor Munculnya Tindakan Altruis”

Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa mengandalkan dirinya sendiri, tetapi membutuhkan orang lain. Baik di lingkungan kerja, persahabatan, kekeluargaan, bertetangga dan bentuk-bentuk hubungan sosial lainnya.

Hubungan baik dan produktif inilah yang menjadi visi dan misi Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia. Menjadi jiwa-jiwa yang melayani. Empatik dan altruis. Mengedepankan prinsip ‘ngayomi,’ dimana seluruh anggota merasa dilindungi.

”Ngademi anggota dibuat tenang dalam berorganisasi. Melayani anggota dengan full senyum (’mesemi’), penuh keiklasan tanpa pamrih ,” ujar Ketua Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, Sutrisno Buyil, di acara syukuran Hari Ulang Tahun Ke-7 organisasi profesi wartawan ini, di Yayasan Benih Kebajikan Nusantara al Al Hasyim, Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta, Rabu (21/04/2021).

HUT Ke-7 Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia ini ditandai dengan memberi santunan kepada 700 anak yatim dan piatu. Karena dalam masa pendemic covid-19, santunan diberikan secara bertahap, dan keterwakilan.

Akibat terdampak pendemic covid-19, kata Buyil, banyak masyarakat yang terpuruk secara ekonomi. Tak terkecuali rumah panti asuhan dalam skala besar maupun kecil.

Membantu pada kondisi darurat covid-19, kata Buyil lagi, memiliki perbedaan. Salah satu faktor yang dapat menjadi penghambat, menurutnya, adalah rasa takut kekurangan terhadap diri sendiri.

“Semua terpuruk secara ekonomi. Tarmasuk kami juga sebagai wartawan. Namun rasa empati menjadi faktor munculnya tindakan altruis ini. Dapat membantu sesama dalam kondisi sulit menjadi kebahagiaan tersendiri,” ujar Buyil.

Hadir di tengah acara santunan para artis yang juga donatur, antara lain Uci Sucita, Vebrie Verona, Ageng Kiwi, Anggie Pratama Putra dan beberapa artis lainnya. Didampingi Sekretaris Umum FORWAN, Eddie Karsito, Bendahara Umum FORWAN, Fajar Irawan, serta Ketua Pelaksana Harian FORWAN, Thomas Della Manggala.

Hadir juga pengusaha muda Nina Septiana Ratna, pemilik Brand Fashion Nina Nugroho, Sutopo Budi Santoso, pemilik Jaringan Usaha Ridho Allah (Juara Grup), para seniman, dan wartawan, serta simpatisan FORWAN lainnya.

“Terima kasih para donatur dan simpatisan yang telah ikut membantu. Inilah yang bisa kita lakukan untuk lebih bersyukur kepada Allah SWT. Mentafakuri kebesaran-Nya di muka bumi ini dengan menggembirakan adik-adik yatim piatu di bulan yang penuh rahmat dan ampunan,” ujar Buyil.

Perayaan hari ulang tahun ini sekaligus ditandai dengan acara syukuran atas terlaksananya Musyawarah Besar I Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, yang menempatkan Sutrisno Buyil sebagai Ketua Umum terpilih.

Pada kesempatan ini, Sutrisno Buyil, sekaligus menyampaikan susunan pengurus Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia Masa Bakti Tahun 2021 – 2025. Sementara pelantikan pengurus direncanakan akan diselenggarakan bulan Mei 2021 mendatang.

“Apa yang telah dan akan kami lakukan; kemarin, hari ini, esok dan seterusnya, semua tak luput dari atensi, partisipasi, dan kerjasama yang baik semua pihak yang telah menjadi mitra kami selama ini,” kata Buyil.

Pihaknya, kata Buyil, telah menggariskan bahwa Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, bukan organisasi sekedar ajang berkumpul bagi para wartawan berlabel hiburan. “Kami ingin terus menuai manfaat bersama para anggota maupun di tengah pergaulan masyarakat luas,” ujar Buyil.

Selanjutnya, panitia pelaksana acara ini menyampaikan rasa terima kasih kepada sejumlah lembaga yang telah membantu acara sosial kemanusiaan yang diselenggarakan Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia.

Lembaga tersebut antara lain Nagaswara Music, Label ProAktif, Fashion Nina Nugroho, Jaringan Usaha Ridho Allah (Juara Grup), AK Production, PT. Melon Indonesia, Dewan Pimpinan Pusat Kongress Advokat Indonesia, dan Togar Situmorang Law Firm./***

Jakarta, 23 April 2021

Comment

Leave a Reply

News Feed