by

Dukung Pemkab Talaud Dandim Adakan Program Penanaman Sejuta Pohon

Dalam menunjang program penghijauan yang telah digagas oleh pemerintah pusat, Kodim 1312/Talaud dibawah komando Dandim Letkol. Inf. Agus Ariyanto bersinergi laksanakan penanaman sejuta pohon dan penghijauan di Desa Rainis Kecamatan Rainis, pekan kemarin.

Menurut Dandim 1312/Talaud, Letkol Inf Agus Ariyanto, bahwa penanaman ini sebagai komitmen dan konsistensi kepedulian terhadap lingkungan.

”Kegiatan ini bentuk kecintaan terhadap kelestarian ekosistem alam yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan daerah perbatasan NKRI,” ucap Dandim Aryanto.

Lanjutnya, kendati kondisi saat ini masih pada pandemi, namun eksistensi penjagaan terhadap alam tetap dilakukan, bukan hanya asal menanam tapi juga harus menjaga dan merawatnya. Hal ini diyakini, ketika bisa menjaga alam maka alam pun akan menjaga sekitarnya.

“Jika suatu saat pohon buah maupun pohon lainnya bisa bertumbuh subur ada buahnya bisa menguntungkan masyarakat setempat juga untuk keuntungan anak cucu kita,” imbuh orang nomor satu di Kodim Talaud tersebut.

Terpisah, PasiTer Kodim 1312/Talaud Kapten. Kav. Hendra Welan mengatakan bahwa giat penanaman bibit buah di wilayah Talaud, untuk kepedulian terhadap alam supaya suatu saat di daerah Talaud khususnya Desa Rainis makin hijau dan asri dan ada buahnya.

“Setelah pohon ini berbuah, buahnya selain dapat dimakan juga menambah nilai jual yang lebih tinggi asal setelah ditanam harus dirawat benar, juga berfungsi sebagai lahan produktif yang bermanfaat bagi kita semua,” ungkap Hendra Welan.

Sementara itu, Plh. Danramil 1312-04/Rainis Serma Jemi Tundunanung mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya giat penanaman bibit buah dan bibit pohon keras yang mempunyai fungsi ini.

“Kegiatan ini menjadi sinergitas dan kerja sama yang sangat bagus dalam menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Porodisa ini,” jelas Tundunaung.

Diketahui, bibit yang ditanam adalah bibit buah, bibit tanaman keras sebagai pelindung tanah longsor sekaligus pohon penjaga mata air serta tanaman bibit pohon lainnya.

Comment

Leave a Reply