by

Bupati & Wakil Bupati Talaud “Hadiri Konsultasi Tahunan Pria Kaum Bapa (PKB) Sinode Germita 2021”

Menjelang berakhirnya tahun pelayanan 2021 dan persiapkan tahun pelayanan 2022, Komisi Pelayanan Kategorial Pria Kaum Bapa Sinode Gereja Masehi Injili Talaud (Germita) melaksanakan konsultasi tahunan yang diselenggarakan pada tanggal 26-28 Oktober 2021 di Jemaat Petra Moronge, Wilayah 07 Lirung.

Hadir dalam pelaksanaan konsultasi tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, Bupati dr. Elly Engelbert Lasut, M.E., Wabup Drs. Moktar Arunde Parapaga, Ketua Pengadilan Negeri Melonguane yang diwakili oleh Panitera, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kep. Talaud Yahya Pasiak, S.Ag., Staf Khusus Bupati, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan jajaran pemda, BPH Sinode Germita, Kapolsek Lirung dan para Camat se Pulau Salibabu serta pengurus Pria Kaum Bapa se Germita.

Bupati Lasut memberikan sambutan sekaligus juga dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Posisi Pria Kaum Bapa (PKB) di Era Pembangunan Kabupaten Kepulauan Talaud. Dalam sambutannya Ia mengatakan bahwa yang terutama dan yang terpenting ialah menjaga dan memelihara roh Tuhan di dalam diri kita. “Biarkanlah roh Tuhan menguasai kehidupan kita karena roh Tuhan adalah roh pemersatu yang merobohkan sekat-sekat perbedaan dan memiliki nilai universal yang menentukan sifat manusia, cara berfikir dan perbuatannya sebagai anak Tuhan” ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu pula Bupati memberikan apresiasi kepada warga Germita khususnya Pria Kaum Bapa yang telah bersama pemda berpartisipasi membawa Kabupaten Kepulauan Talaud tetap tangguh walaupun di tengah kecemasan karena situasi pandemi Covid-19, namun pertumbuhan ekonomi bisa mencapai angka 4%. Capaian ini menjadi tertinggi di kabupaten dan kota se Provinsi Sulawesi Utara dan menunjukkan bahwa oleh berkat dan kasih Tuhan maka pandemi tidak terlalu memukul perekonomian warga.

Dia juga mengajak PKB dan warga Germita pada umumnya untuk bersama menggumuli dan memperjuangan tiga hal krisis dan mengalami kesulitan saat sekarang ini, yaitu pertama tentang sumber energi listrik yang berakibat pada pemadaman listrik disebabkan oleh gangguan jaringan karena cabang pohon dan sebagainya sehingga berdampak pada kerusakan mesin. Kedua, terbatasnya jaringan telekomunikasi, untuk menjawab kebutuhan ini pemda telah berjuang mendapatkan 25 BTS, terakhir ketambahan 3 unit sehingga menjadi 28 BTS untuk seluruh wilayah Talaud, mohon dukungan untuk kemudahan lokasi lahan tower. Ketiga, krisis BBM akibat keterlambatan pengiriman, untuk mengantiaipasi hal ini pemda telah berupaya dan mendapatkan persetujuan pemerintah pusat untuk pembangunan depot pertamina di beberapa titik dengan suplai BBM didatangkan langsung oleh Pertamina dari Balik Papan.

Adapun Konsultasi Tahunan PKB tahun 2021 ini dibuka oleh Ketua Umum Sinode Germita Pendeta Dr. Arnold Apolos Abbas, S.Th., M.Th. Mendahului seremoni giat konsultasi ini ia menekankan tentang betapa pentingnya peranan kaum bapa sebagai pilar atau soko guru. “Ingatlah bahwa Kaum Bapa merupakan pilar penting dalam kehidupan keluarga, bergereja dan bermasyarakat”, demikian kata pendeta Abbas. Ada tiga peran penting kaum bapa dalam kehidupan sehari-hari yaitu pertama menjadi imam artinya memberikan keteladanan moral bagi keluarga, kedua sebagai pemimpin dalam keluarga yang takut akan Tuhan dan yang ketiga ialah menjadi sumber nafkah yang bertanggung jawab menghidupi keluarga, tutup Ketum Sinode ini.

Ketua Komisi Pelayanan Kategorial Pria Kaum Bapa Sinode Germita Drs. Melksion Saweduling, M.M., M.E. ketika dikonfirmasi mengatakan penyelenggaraan konsultasi tahunan kali ini dilaksanakan dalam terapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, karena dilaksanakan di saat pandemi serta melibatkan perutusan dari seluruh wilayah pelayanan Germita baik yang berada di Talaud maupun dari wilayah khusus (Manado, Bitung dan Jakarta). Beberapa tokoh sentral ikut menjadi pembicara diantaranya Bupati Kepulauan Talaud, Wakil Bupati, Ketua Umum Sinode Germita, Sekretaris Umum Sinode Pdt. Richard W. Sasauw, S.Th, M.Teol termasuk juka Ketua PKB Germita. “Pelaksanaan konsultasi tahun 2021 ini berada di bawah sorotan Tema sentral: Akulah Yang Awal dan Yang Akhir dan Sub Tema: Roh Tuhan Berkuasa Atas Gereja, Masyarakat dan Semesta”, kunci Saweduling. #oping

Comment

Leave a Reply

News Feed