by

Sosok Jokowi, Presiden RI Ke-7

Jakarta – Ir. H. Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi adalah Presiden Terpilih Indonesia ke-7 yang menjabat sejak 20 Oktober 2014. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014.

jokowiJokowi pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 yang didampingi oleh Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Dan Jokowi juga pernah menjadi Wali Kota Surakarta (Solo) sejak 28 Juli 2005 sampai 1 Oktober 2012 yang didampingi oleh F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota.

Dua tahun sementara menjalani periode keduanya di Solo, Jokowi ditunjuk oleh partainya, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk memasuki pemilihan Gubernur DKI Jakarta bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih kita kenal dengan nama Ahok.

Semenjak terpilih sebagai Gubernur DKI, popularitas Jokowi terus melambung tinggi dan ia terus menjadi sorotan para awak media media baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Akibatnya, muncul wacana untuk menjadikannya calon presiden untuk pemilihan umum presiden Indonesia 2014. Apalagi ditambah, hasil survei menunjukkan bahwa nama Jokowi terus diunggulkan.

Pada awalnya, Ketua Umum PDI-P, yaitu Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa ia tidak akan mengumumkan Calon Presiden PDI-P sampai setelah pemilihan umum legislatif 9 April 2014. Namun, pada tanggal 14 Maret 2014 lalu, Jokowi telah menerima mandat dari Megawati untuk maju sebagai calon presiden dari PDI-P.

 

Comment

Leave a Reply

News Feed