by

Bupati dr.Elly Engelbert Lasut, ME “Minta Dukungan BI Sulut Promosikan KEK Perbatasan”

Manado – Pemerintah Kabupaten Talaud tengah gencar mewujudkan Kawasn Ekonomi Khusus Perbatasan. Demi mewujudkannya, Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut meminta dukungan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara.

Upaya tersebut dilakukan Bupati Elly dengan bertemu Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Arbonas Hutabarat di Kantor BI Sulut, hari ini. Bupati pun dengan detil menggambarkan potensi investasi yang dapat didapat masyarakat Talaud bila KEK perbatasan terealisasi.

“KEK perbatasan ini merupakan upaya mempermudah dan mendorong masyarakat di bagian utara Kabupaten Talaud dan keseluruhan Talaud untuk mendorong pertumbuhan ekonomi meningkat cepat,” kata Bupati E2L kepada Bintangplus.com seusai pertemuan.

Bupati bilang investasi KEK dapat memberikan kemudahan karena peluang investasi bisa lebih luas lagi hingga ke Filipina seperti di GenSan, Davao dan Mindanao. Bahka dapt mengakses perdagangan luar negeri dengan Jepang dan negara lainnya.

“Jika terealisasi otomatis ini mendorong peningkatan harga komoditi antara lain perikanan, dan jagung. Manfaat lainnya ialah supaya keuntungan yang didapat lebih,” tambah Elly.

Dicontohkannya bahwa menurut karantina ikan, Talaud merupakan pemasok ikan tuna terbesar di Indonesia tapi kenyatannya Talaud mesti mengirimkan dulu ke Manado dan Bitung. Menurutnya perbedaan harga tersebut sangat mencolok. 

“Makanya kita dorong terus lintas batas ini bisa terjadi dan investasi swasta pun mungkin terwujud. Karena itu kami datang ke BI Sulut untuk membicarakan hal ini,” sebutnya.

Comment

Leave a Reply

News Feed