by

Bupati Bolmong Pantau Proses Evakuasi Korban Longsor Tambang Bakan

Musibah ambruk yang terjadi di Lokasi pertambangan emas di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolmong, Selasa (26/2) tadi malam, mendapat perhatian penuh dari Bupati Bolmong Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

Bupati dan jajaran pejabat pemkab bolmong, Rabu (27/2) tadi langsung ke lokasi kejadian untuk meninjau proses evakuasi tim gabungan yang dibentuk Pemkab dan Polres Kotamobagu.

“Sejak tadi malam Pemkab sudah menurunkan tim untuk bersama-sama dengan Basarnas dan Aparat kepolisian dalam proses evakuasi,” terang Bupati, saat diwawancarai wartawan di Lokasi kejadian.

Menurut Bupati, memang proses evakuasi agak sedikit mengalami kendala, selain karena tingkat kemiringan tanah yang mencapai 90 persen juga disebabkan kondisi tanah labil karena musim penghujan.

“Sehingga itu, kami meminta masyarakat untuk dapat bersabar dan mempercayakan proses evakuasi kepada tim penyelamat yang telah ada, semoga penambang yang masih terjebak di lokasi bisa dikeluarkan dengan keadaan selamat,” harap Bupati.

Terkait langkah selanjutnya, menurut Bupati, memang persoalan perijinan maupun penutupan tambang tidak ada di Pemkab, melainkan kewenangan Pemprov Sulut.

Kapolres Kotamobagu, AKBP. Gani Fernando Siahaan, SIK, MH mengungkapkan, saat ini tim penyelamat gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI, Basarnas, Pemkab Bolmong dan masyarakat, sudah bersatu padu melakukan proses evakuasi di TKP, karena terinformasi masih ada sekitar 50-an penambang yang terjebak di lokasi ambruk.

Selain membentuk tim penyelamat, pihaknya juga telah mendirikan posko pelayanan masyarakat, sehingga Kapolres mengimbau kepada masyarakat yang merasa ada keluarganya yang belum ditemukan, maka bisa melaporkan hal itu ke Posko yang terletak di Blok C Desa Bakan.

“Dari data yang ada saat ini di pos C Penjagaan Tim Kesehatan Desa Bakan jumlah korban sudah 27 orang, 8 orang meninggal dan 19 orang lainnya mengalami luka ringan hingga berat,. Sementara proses pencarian dan evakuasi korban terus berlanjut.

(Sumber: DisKominfoBolmong)


Comment

Leave a Reply

News Feed